Algoritma A*

 Algoritma A*

Algoritma A* (A-Star) adalah algoritma pencarian yang digunakan untuk menemukan jalur terpendek atau rute terbaik dari titik awal ke titik tujuan dalam sebuah grafik berbobot. Algoritma ini termasuk dalam kategori metode pencarian yang memiliki informasi (informed search method). 

Algoritma A* bekerja dengan menggunakan fungsi aproksimasi yang disebut fungsi heuristik. Fungsi heuristik ini menebak biaya suatu keadaan untuk mencapai tujuan. 

Algoritma A* memiliki beberapa kegunaan, di antaranya: 

Sebagai solusi proses path finding (pencari jalan) 

Menentukan rute terpendek antar simpul di dalam sebuah graf 

Algoritma A* mirip dengan algoritma Djikstra. Namun, algoritma Djikstra digunakan untuk menyelesaikan masalah jarak terpendek untuk graf berarah dengan bobot sisi non-negatif. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menu-Menu pada Pemrograman Scratch dan Fungsinya

Operator Operatordan Ekspresi Logika

Berlangsung Secara Hybrid, "Code The Ocean" Mengajak Anak Menjaga Laut Melalui Pemrograman